Minggu, 12 Juni 2016

puasa ramadhan

A. Pengertian puasa
      Puasa artinya menahan diri dari llpar dan dahaga, tidak boleh makan dan minum hingga waktu yang telah ditentukan yakni waktu maghrib. Selain menahan lapar dan dahaga puasa juga harus menahan hawa nafsu, dan menghindari hal hal yang dapat membatalkan puasa.
B. Macam-macam puasa
     Macam-macam puasa ada 4, yaitu:
  1. Puasa wajib

     PUASa wajib contohnya puasa ramadhan, puasa qodho', puasa kifarat dan puasa nadzar.
     Puasa ramadhan, hukumnya wajib jika telah memasuki masanya. Masuknya bulan puasa dapat diketahui dengan salah satu dari lima perkara di bawah ini:
*DEngan sempurnanya bulan syaban 30 hari
*Dengan melihat bulan tsabit(hilal) agi orang yang melihatnya sendiri.
*Dengan terlihtnya hilal oleh orang yang dapat diterima kesaksiannya di hadapan hakim. Bila satu orang yang dipercaya melihat hilal, maka wajib bagi seluruh muslim diwilayah itu untuk berpuasa dengan penetapan hakim dan pemerintah
*Dengan menerima kabar dari oranglain. JIKa orangnya jujur, maka wajib puasa karena menerima kabar darinya
*Dengan menyangka-nyangka(ijtihad) masuknya bulan ramadhan.
    Puasa qadha ialah puasa membayar hutang, apabila sewaktu bulan ramadhan tidak dapt melakukan puasa ramadhan karena sakit maka wajib baginya mengqadha saat dia telah sembuh dari sakitnya dan di luar bulan ramadhan. Karena haid atau nifas wajib mengqadha puasanya setelah selesai haid atau nifas(bersih dari hadast) di luar bulan ramadhan.
   Puasa kifarat ialah puasa yang diwajibkan bagi seseorang yang melanggar di bulan ramadhan, seperti melakukan hubungan suami istri di bulan ramadhan di siang hati,maka wajib membayar kifarat dengan berpuasa selama dua bulan berturut-turut.
   PUasa nadzar ialah puasa karena janji jika mendapatkan sesuatu akan berpuasa, itu pun hukumnya wajib bagi yang telah mengucap janji atau nadzar tersebut.
  2. Puasa sunnat
  macam-macam puasa sangat banyak, seperti puasa dibulan rajab,puasa senin dan kamis dan lain sebagainya.
  3. Puasa makhruh
  Seperti puasa pada hari jumat saja.
   4. Uasa haram
  PUasa haram yaitu puasa pada dua hari raya, yakni hari raya idul fitri dan hari  raya idul adha, dan tiga hari setelah hari raya idul adha yaitu tanggal 11 12 13 dzulhijjah.

Ibnu umar telah menceritakanhadis dari sabda rasulullah saw
"Aoabila kamu meliat bulan  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar